Minggu, 01 Januari 2012

UAS Ganjil/02-01-2012/ETIKA BISNIS

 






BAB 4

Mengungkap Rahasia

Pengantar

Mengungkap Rahasia adalah hal relevan untuk semua organisasi dan semua orang, bukan hanya
beberapa orang yang korup atau kriminal. Hal ini karena setiap usaha dan
setiap badan publik menghadapi risiko
tentang hal-hal yang tidak beres atau tidak sadar
menyembunyikan seorang
yang korup. Resiko itu akan muncul jika seseorang menyadari bahwa kesalahan itu karena mereka sendiri atau perusahaan. namun orang-orang yang terbaik ditempatkan untuk memberikan pengawasan kepada orang-orang yang melakukan kesalahan.
Mereka menganggap hukum dan praktek akan menaikkan perhatian khusus terhadap korupsi dan ilegalitas. Pekerja menganggap mereka adalah korban yang menyebabkan hilangnya pekerjaan dan merusak karir mereka. perusahaan menyadari bahwa dengan suap akan menyebabkan hilangnya kontrak mereka, tapi jika mengatasnamakan ekonomi staf mereka akan terganggu. Dalam hal ini seorang pekerja akan bertanggung jawab atas ketaatan perusahaan terhadap hukum. efeknya mereka yang memberikan informasi tentang korupsi atau suap akan mendapat perlindungan dan penghargaan.
Dalam konteks suap situasi memiliki relevansi khusus. Tanpa adanya informsi tentang suap, pemerintah harus tergantung pada bukti-bukti yang menunjukkan pelaku penyuapan dan orang-orang yang menerima suap. Hal ini akan menghambat jalannya perusahaan dan memberikan peluang kepada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mencari keuntungan sendiri.

Seseorang yang ada dalam perusahaan yang mengetahui tentang adanya praktek korupsi akan merasa bertanggungjawab dan mengungkapkan kesalahan tersebut. Agar perusahaan dapat melakukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. walaupun orang tersebut nantinya akan mendapatkan pemecatan.
Hasil dari budaya diam adalah bahwa:
• atasan bertanggung jawab menolak untuk melindungi kepentingan mereka
• bermoral pesaing, manajer atau pekerja diberikan alasan untuk percaya bahwa 'anything goes';
• Masyarakat lebih berfokus pada kompensasi dan hukuman dari pada pencegahan.
Pendekatan organisasi sekarang banyak mengambil informasi dari pekerja ini mirip dengan sikap yang diambil terhadap konsumen tiga puluh tahun lalu. Ini adalah sebuah kesalahan karena, tidak hanya informasi dari tenaga kerja mudah dan bebas diakses untuk dikumpulkan, namun memungkinkan organisasi untuk menempatkan masalah potensial yang tepat sebelum menyebabkan kerusakan yang nyata untuk itu, reputasi atau para pemangku kepentingan. Diri-kepentingan organisasi dalam mengungkap rahasia sekarang sedang diakui dan, baru-baru, sebuah perusahaan besar sedikit memiliki saran
mulai menggunakan garis  luar untuk mendorong dan meyakinkan staf untuk meningkatkan
kekhawatiran tentang kesalahan. 
konteks dari setiap tindakan anti-korupsi adalah di mana seorang pekerja atau perusahaan audit
menemukan, atau cukup yakin bahwa akun buku atau entri dapat menyembunyikan suap. Jika mereka merasa tidak mampu untuk memberikan peringatan internal, maka bisa melalui peringatan eksternal atau hanya bisa diam.
Pengungkapan luar seperti mengangkat isu-isu etika dan hukum
dan kerahasiaan bisnis. Mereka juga mempengaruhi keseimbangan hubungan antara bisnis, pemerintah dan media. Sebuah pengungkapan luar akan melibatkan setidaknya beberapa intervensi peraturan dan ketidaknyamanan, dan pada publisitas terburuk, dan sangat merugikan.
Dalam sistem hukum, tidak ada perlindungan untuk pekerja yang membuat pengungkapan luar - bahkan jika berada dalam itikad baik, dibenarkan dan masuk akal.
Oleh karena itu, pengungkapan tersebut sering dibuat anonim. Hal ini menimbulkan sejumlah isu.
pengungkapan luar akan menyebabkan pembalasan serius berarti bahwa masalah ini sering tidak diangkat sampai pekerja meninggalkan organisasi atau perusahaan dan telah kehilangan kontrak. Pada saat itu Masalahnya mungkin jauh lebih buruk, motif whistleblower dapat memungkinkan
pelanggar untuk mengalihkan perhatian dari korupsi.
 Tujuan budaya pengungkapan rahasia
Tujuan utama dari budaya mengungkap rahasia adalah bahwa kekhawatiran tentang korupsi
dan kesalahan harus benar-benar diangkat dan dibahas dalam tempat kerja atau dengan orang yang bertanggung jawab.
melihat pengungkap rahasia sebagai saksi, bukan sebagai pengadu. Menyadari hal ini, budaya mengungkap rahasia harus peduli dengan mayoritas yang diam yang berpikir itu tidak dalam kepentingan mereka untuk memerangi korupsi atau kesalahan yang serius.

 
Esensi budaya pengungkapan rahasia
Sebuah budaya pengungkapan rahasia tidak dapat berhasil tanpa sinyal yang kuat dan jelas
dari puncak organisasi bahwa itu adalah melawan korupsi dan memutuskan untuk pergi tentang bisnis secara sah. Seperti budaya akan memberikan jaminan terhadap pembalasan untuk mengungkap rahasia pada kesalahan. Ini akan berlaku bahkan di mana whistleblower ini keliru, asalkan ia bertindak jujur.
Agar efektif, sistem tersebut juga akan memberikan bahwa di mana ada kebaikan bukti untuk mendukung perhatian, mengungkap rahasia kepada otoritas yang ditunjuk akan dilindungi. Ini akan sangat mendorong organisasi untuk meyakinkan para pengungkap bahwa masalah ini dengan aman dapat ditingkatkan secara internal. Mengungkap Rahasia budaya yang menekankan pelaporan internal adalah sarana yang penyalahgunaan kepercayaan dan keyakinan dapat diperiksa dan dengan akuntabilitas yang asimetris dari mereka di tempat kerja dapat dipahami dan dikembangkan. Jika organisasi siap untuk mempromosikan dan mengimplementasikan budaya, setiap risiko itu dibajak oleh dendam kecil akan diminimalkan, jika tidak dihapus.
Pada dasarnya, pendekatan baru melihat rahasia perusahaan sebagai sarana untuk memberikan manajemen yang baik, untuk menjaga kepercayaan publik dan untuk mempromosikan organisasi akuntabilitas. Ini semua membantu mengidentifikasi orang yang bertanggung jawab untuk apa dan kepada siapa.  Berdasarkan ketentuan etikadiakui oleh banyak agama, prinsip-prinsip yang diadopsi dan berkembang menjadi sebuah pendekatan yang seimbang dan praktis dalam yurisprudensi. Seperti
hukum buatan hakim mengenali kedua kepentingan publik dalam menjaga rahasia dan khususnya keadaan dimana pengungkapan rahasia
luar dapat dibenarkan





Rick dan Bianca
kasus history1
Bab 5

            Rick dan Bianca bekerja di sebuah kantor regional rekening sebuah perusahaan besar,yang memasok layanan untuk bisnis di seluruh Inggris. Setahun lalu Bianca memperhatikan apa yang dianggap cacat dalam perhitungan dan proses penagihan. Dia diperiksa ini dengan Rick, kolega, yang setuju bahwa pelanggan sedang membayar lebih secara rutin.
            Begitu mereka telah mengumpulkan data mereka bertemu dengan manajer regional,David. Dia tidak terlalu peduli, meskipun ia mengatakan ia akan melihat bukti. Dia tahu bahwa Rick memiliki sejarah panjang mengeluh tentang segala sesuatu dan bahwa beberapa rekan-rekannya senang bekerja dengan dia. Dia tidak bisa mengerti mengapa perusahaan tidak menyingkirkannya.
            Rick dan Bianca meninggalkan pertemuan kecewa dan kesal. Mereka tidak yakin bahwa masalah akan ditangani secara serius dan Rick mengatakan bahwa mereka tidak bisa mempercayai David karena, jika pengisian yang berlebihan itu dikoreksi, ia dan para manajer senior lainnya akan kehilangan kinerja mereka terkait bonus.
            Meskipun masalah itu sedang melihat ke dalam, Rick dan Bianca adalah tiba-tiba dipindahkan ke dua kantor yang berbeda. Bianca diterima bergerak. Rick marah.Dia membuat janji dengan Kepala Eksekutif perusahaan, Adrian, yang bereaksi cepat untuk tuduhan dan meminta Kepala Audit internal untuk membuat penyelidikan. Dalam seminggu rekannya melaporkan menunjukkan bahwa ada masalah nasional dan rencana mendesak dilakukan untuk mengembangkan sistem penagihan baru.
            Ketika Rick dan Bianca mengetahui perubahan dari Kepala Eksekutif,Rick menuntut bahwa mereka harus kembali ke pos mereka sebelumnya dan dihargai, dan bahwa Daud harus disiplin. Perusahaan itu menjawab,mengatakan bahwa Jan, Kepala Personalia, akan meninjau postingan mereka, bahwa mereka tidak memberikan imbalan dan bahwa, jika mereka mengambil tindakan disipliner terhadap David, itu adalah masalah pribadi dan tidak perhatian Rick dan Bianca.
            Selama peninjauan Jan posting mereka, Rick berkomentar bahwa jika
perusahaan tidak melakukan yang benar oleh-Nya itu tidak akan menjadi yang terakhir mereka mendengar tentang masalah tersebut. Namun, Jan memutuskan bahwa Rick dan Bianca harus tinggal di mana mereka - ia tahu itu akan menjadi bencana jika mereka kembali bekerja dengan
David.Dia memberi jaminan bahwa mereka tidak akan menjadi korban dan bahwa karir mereka tidak akan menderita dengan cara apapun. Bianca tidak senang dengan tanggapan perusahaan, tetapi dia tidak ingin mengambil hal-hal lebih lanjut. Namun, Rick mengira sikap mereka tidak bisa diterima. Dia kemudian menulis kepada Adrian menanyakan apakah perusahaan akan mengembalikan semua pelanggan yang telah overcharged. Jawaban Adrian hanya mengatakan bahwa perusahaan telah
tindakan yang tepat dan bahwa hal itu tidak perlu menjawab pada Rick. Rick, yang memperkirakan bahwa perusahaan telah salah diuntungkan oleh sekitar £ 1 juta, telah Bianca mengatakan bahwa mereka harus memperingatkan perusahaan bahwa jika hal-hal yang diurutkan keluar mereka akan pergi kepada pers.



catatan
1 sejarah kasus ini telah disumbangkan oleh Kepedulian Publik di Tempat Kerja.




Bab 6
Penerbangan Challenger 51-L
Sebuah sejarah kasus di mengungkap rahasia
Simon Robinson

Untuk teknologi sukses, realitas harus lebih diutamakan daripada hubungan masyarakat, karena alam tidak bisa dibodohi.
(RP Feynman, anggota Komisi Presiden
pada Bencana Challenger)

Penerbangan Challenger 51-L adalah peluncuran seri kesepuluh dari Challenger, yang pertama diluncurkan dari Cape Kennedy Luncurkan Kompleks 39-B. Meskipun hal ini sejarah berfokus pada penerbangan Challenger yang berakhir tragis beberapa 73 detik dalam penerbangan pada tanggal 28 Januari 1986, itu lebih berkaitan dengan seluruh Ruang Nasional Sistem Transportasi. Challenger hanyalah bagian dari program yang menyimpulkan kapasitas teknologi dari Amerika Serikat. Program keselamatan, bagaimanapun, secara bertahap terkikis dalam menghadapi ekonomi dan tekanan politik, dan struktur manajemen tidak mendorong para manajer atau insinyur untuk menekan keprihatinan mereka tentang keselamatan.


Sejarah ini kasus pertama akan menguraikan fakta-fakta dari kasus tersebut. Maka akan memeriksa berbagai titik di mana peluit mungkin telah ditiup, menggambar perspektif yang berbeda dari orang yang terlibat dan juga implikasi bagi praktek pengungkapan rahasia. Akhirnya, ia akan mencatat kesimpulan dari Komisi Presiden, dengan rekomendasi untuk lebih transparan dalam sistem manajemen yang akan mendorong peluit ditiup.

Rekayasa desain masalah
Ukuran dari setiap celah di lapangan bersama ditentukan oleh hal-hal yang mungkin termasuk:
• suhu ambien;
• diameter cincin O;
• ketebalan shims;
• beban pada segmen.
Setelah penerbangan dari misi Challenger kedua (November 1981) masalah lebih lanjut terjadi. Perhatian yang lebih besar adalah masalah ketiga, ditemukan dalam penerbangan antar-jemput 51-C (24 Januari 1985). Penerbangan ini diluncurkan di dingin ekstrim. Ada beberapa penundaan awal misi Challenger 51-L, Yang pertama muncul karena kemungkinan hujan dan suhu rendah. Sebuah upaya peluncuran selanjutnya ditunda karena microswitch cacat dalam mekanisme penguncian menetas dan kesulitan dalam penggunaan dalam menangani penetasan. Setelah masalah itu dipecahkan, angin telah menjadi terlalu tinggi, dan merekam suhu rendah diharapkan di wilayah Florida.

Ada lainnya mendesak dan alasan yang signifikan:
1. NASA telah mengalami persaingan yang tak terduga dari Eropa Badan Antariksa
2. NASA membutuhkan peluncuran cepat sehingga mereka bisa membarui meluncurkan pad untuk misi berikutnya, probe untuk memeriksa komet Halley.
3. Ada juga mungkin telah tekanan untuk memastikan bahwa Challenger itu di orbit ketika Presiden Reagan memberikan Negara nya dari pidato Uni.

Manajer yang berbeda dan insinyur di berbagai titik disajikan dengan kunci saat ketika program keselamatan pesawat mungkin telah menantang:
• pada awal program, ketika prioritas sedang didirikan;
• selama pekerjaan Tim Erosi Seal Tugas;
• selama teleconference pada malam peluncuran;
• setelah teleconference dan sebelum peluncuran.

Bahkan tujuan ini dimodifikasi adalah terlalu ambisius, menyebabkan kesulitan, termasuk:
• kekurangan suku cadang yang kritis;

• ketegangan pada sistem produksi TI yang berarti bahwa itu tidak akan telah mampu menyediakan perangkat lunak pelatihan kru untuk penerbangan terjadwal menurut tanggal jatuh tempo. Hal ini pada gilirannya akan berarti waktu yang memadai untuk awak pelatihan;
• tidak ada penegakan kebijakan mewujudkan kargo, yang mengarah ke berbagai muatan perubahan pada menit terakhir.

Justru ketegangan yang datang ke kepala dalam teleconference. Sampai saat itu para insinyur telah dikomunikasikan terutama melalui internal yang memo kepada atasan langsung mereka.
Hasilnya adalah, dalam kata-kata anggota Komisi Feynman, semacam ' dari rolet Rusia 'di mana standar keselamatan secara bertahap diturunkan.


Kesan yang diberikan dalam kasus ini adalah bahwa setelah teleconference telah berakhir dadu dilemparkan. Namun, ini jauh dari kasus ini. Baik manajer dan insinyur bisa saja meledak peluit sampai titik menit terakhir dari mundur. Awalnya, ini mungkin telah terlibat akan papan MTI. Tapi rute sederhana akan berkomunikasi secara langsung dengan Arnold Aldrich dari NASA, yang tanggung jawab utama untuk memutuskan untuk memulai. Dia tegas menganjurkan setiap personil kunci untuk menghubunginya setiap saat sebelum peluncuran.









 
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar