Jumat, 25 November 2011

Tugas Individu etika bisnis-iklan





semakin banyak iklan sabun khususnya sabun cuci tangan, membuat kita mesti pintar-pintar memilih produk yang tepat. misalnya sabun cuci tangan lifebuoy, seperti yang kita ketahui lifebuoy merupakan merk sabun yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena sudah terjamin mutunya.apalagi sekarang ini lifebuoy mengadakan program "Lifebuoy Bergagi Sehat" yang lebih menggalakkan untuk cuci tangan sebelum makan. LIfebouy megkampanyekan dan mendemonstrasikan programnya dengan mendatangai sekolah-sekolah dasar di seluruh Indonesia. Lifebuoy mengadakan program seperti ini karena kebiasaan masyarakat Indonesia tentang cuci tangan pakai sabun rendah dan untuk memperingati hari cuci tangan sedunia. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh lifebuoy dalam program tersebut antara lain melakukan pembinaan kader kesehatan, dan program edukasi perilaku hidup bersih dan sehat. kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih sejak dini sehingga kesehatanpun tetap terjaga.
Iklan Lifebuoy ini sangat positif sekali karena iklan ini benar-benar serius mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan menjalain kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia untuk meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat dengan kampanye dan demo di sekolah-sekolah atau puskesmas-puskesmas yang ada di Indonesia. Dilihat dari segi ekonomi, harga sabun lifebuoy sangat terjangkau dengan keunggulan menjaga kesehatan kita, sehingga akan menimbulkan pendapat bahwa menjaga kesehatan tidaklah harus mahal. Dilihat dari nilai Sosial-Budaya, Selama 110 tahun lebih dalam sejarahnya lifebuoy selalu merajai bidang kesehatan melalui kebersihan. Dari segi teknologi, semenjak tahun 2000, telah terjadi perubahan besar pada sabun batangan klasik, yang semula hanya berbentuk batangan kini juga tersedia dalam bentuk cair. Lifebuoy untuk menjamin agar sabun tersebut memberikan perlindungan kebersihan yang lebih jauh lagi dan pengalaman mencuci yang menyehatkan dan semakin menyenangkan bagi miliaran konsumennya. Tim Lifebuoy telah mengembangkan suatu formula baru yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kuman dan menimbulkan busa yang kaya pada kulit.
Aroma Lifebuoy yang khas seperti obat dan karbol telah digantikan dengan wewangian kesehatan yang lebih menyenangkan dan modern.

Sebagai pembanding dari sabun lifebuoy adalah iklan sabun medicare. Sabun medicare juga merupakan sabun kesehatan. Namun kurang dalam mendapatkan respon dari masyarakat yang lebih mempercayakan kesehatannya kepada sabun lifebuoy. Dan sabun medicare kurang dalam pengiklanannya. serta kurang dalam menggalakkan masyarakat untuk hidup sehat, seperti mengadakan demo atau kampanye sehingga masyarakat kurang merespon adanya sabun medicare.

http://basic-advertising.blogspot.com/2009/06/brief-klien-lifebuoy.html





Tugas Kelompok

Perang Iklan yang Tidak Mendidik Sule As vs Baim XL

 Aneh jika lihat iklan kartu seluler terbaru di televisi. Terutama persaingan XL dan Telkomsel. Sangat tidak mendidik, saling mengejek meskipun hanya sekedar iklan.


Dalam iklan terbaru Kartu As, Sule yang telah "diculik"provider berwarna merah menyindir provider yang dulu telah memasangkannya dengan anak kecil tersebut.
 
Bahkan kartu As tak tanggung-tanggung menyindir XL, dengan slogan baru di akhir iklan yaitu "Jangan mau dibo'ongin anak kecil (Baim Cilik) !". Sule pernah membintangi iklan XL dimana ia menjadi presenter selalu dibilang "jelek" sama Baim.hal tersebut sangat tidak mendidik dan mengajarkan hal yang tidak baik kepada anak-anak, yaitu saling mengejek. Bisa saja hal tersebut ditiru oleh anak-anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar