Jumat, 15 Juni 2012

TUGAS SISTEM KARIR


1.1            Pengembangan Karir
Setelah lulus dari SMP saya berminat melanjutkan ke bangku SMK. Kenapa saya memilih SMK karena saya ingin bekerja setelah lulus nanti, dan karena di SMK kita dibekali dengan ketrampilan dalam bekerja sehingga setelah lulus kita mempunyai skill. Setelah lulus saya bekerja di toko baju bayi sebagai pramuniaga hampir setahun lebih kemudian saya memutuskan untuk pindah tempat kerja yaitu di sebuah SMA Negri sampai sekarang. Saya sebagai tenaga honorer di sekolah tersebut. Awalnya saya hanya sebagai tenaga serabutan kemudian saya dipercaya untuk membantu di koperasi siswa di sekolah tersebut.

2.1     Perencanaan Karir Hidup
2.1  Meliputi tiga bagian yaitu :
2.1.1 Pemahaman diri
Pemahaman diri saya adalah melayani kebutuhan customer yaitu siswa dan guru-guru, kebutuhan mereka biasanya berupa alat-alat tulis dan kadang juga saya melayani untuk foto copy.
2.1.2 Pemahaman lingkungan
  • Peranan keluarga
Peranan keluarga bagi saya sangat penting karena selama ini keluargalah yang sangat membantu dan mendukung untuk saya dalam mendapatkan pekerjaan. Dan merekalah yang menjadi motivasi saya untuk tetap bekerja lebih keras lagi untuk membantu perekonomian keluarga
  • Informasi organisasi
Di perusahaan saya informasi tentang pengembangan karir di berikan secara langsung dan terbuka.Prosesnya dilakukan dengan baik di lihat dari masig-masing kemampuan karyawan
2.1.3 Pemahaman Implementasi
  • Keterampilan pengambilan keputusan
Dalam pengambilan keputusan saya termasuk orang yang mudah bimbang jadi saya sangat membutuhkan masukan dari orang lain dan pengalaman orang lain agar saya mudah untuk menentukan pekerjaan yang sesuai dengan diri saya. Dan kadang saya tidak percaya diri dengan keputusan yang saya ambil.

3.1     Faktor-Faktor yang Terkandung

3.1.1 Psikologis
Bila di lihat dari segi psikologis, saya termasuk orang yang kurang percaya diri bila berada di lingkungan yang baru, tapi kemudian saya berusaha meyakinkan diri saya kalau saya bisa dan berusaha mengakrabkan diri dengan mereka

3.1.2 Sosiologis
Saya selalu berusaha untuk beradaptasi dengan yang lain sehingga rasa kurang prcaya diri bisa berkurang dan juga bisa memberikan pelajaran atau pengalaman baru bagi saya sehingga bisa belajar dari pengalaman mereka

3.1.3 Ekonomis,fisik,dan pendidikan
Dari segi ekonomis pekerjaan saya saat ini saya rasa kurang di karenakan saya mempunyai kewajiban membayar kuliah,membantu ekonomi keluarga karena saya merupakan anak pertama dan mestinya bisa membantu walaupun tidak banyak, selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan saya pribadi.Untuk masalah fisik saya merasa sudah cukup karena saya mampu untuk untuk melakukan pekerjaan saya di sekolah tersebut. Saya memilih bidang manajemen di bangku kuliah dengan tujuan memberikan ilmu di bidang pemasaran sebagai modal untuk memperoleh karir yang lebih baik 

3.1.4 Keberuntungan
Menurut saya faktor keberuntungan adalah dimana kita bisa bekerja dengan ulet dengan kemampuan kita dan menghasilkan sesuatu yang kita inginkan
4.1     Sistem yang saling Berhubungan
4.1.1 Individu
  • Kebutuhan
Kebutuhan saya adalah mendapatkan ilmu dan pengetahuan untuk megembangkan karir kita agar lebih baik
  • Tujuan
Tujuan saya adalah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan agar saya dapat mencukupi kebutuhan saya dan kelurga. Sehingga mereka tidak merasa kekurangan
  • Nilai
Nilai yang ingin saya tanamkan terapkan dalam diri saya dan di lingkungan sekitar adalah selalu bersyukur, rendah hati,bersikap baik terhadap semua orang,dan selalu berusaha membahagiakan keluarga dan orang-orang sekitar saya
4.1.2 Keluarga
Saya sebagai anak pertama dari dua bersaudara. Adik saya laki-laki dan sekarang sudah lulus SMP dan berencana melanjutkan ke SMK. Saya berusaha membantu walaupun sedikit untuk meringankan beban orang tua untuk membiayai adik saya.


4.1.3 Karir
  • Jalur Karir
Jalur karir yang saya minati adalah yang berhubungan dengan orang lain yaitu melayani customer, karena merupakan suatu tantagan tersendiri dalam menghadapi karakteristik customer yang berbeda-beda
  • Tugas dan tanggung jawab pekerjaan
Tugas yang saya lakukan sesuai dengan perintah yang diberikan oleh atasan.Tanggung jawab yang diberikan kepada saya adalah melayani customer dengan baik, menjaga kenyamanan mereka, dan berusaha meyediakan apa yang mereka butuhkan serta membuat laporan penjualan setiap harinya
  • Gaya dan jalur kerja
Berkelompok  dan masing-masing individu diberikan tanggug jawab sendiri dalam melayani customer yang nantinya laporan yang dibuat tetap diperiksa oleh koordinator yang telah di tunjuk sebelumnya oleh pimpinan.
  • Peralihan kerja
Dapat dialihkan jika salah satu karyawan tidak masuk kerja atau ada keperluan melalukan tugas lain
  • Pergantian pekerjaan
Dapat dilaksanakan sesuai kemampuan karyawan atau terkadang ada rolling karyawan sesuai dengan kebijakan yang telah diatur pimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar